monster



A
Abatwa
Mitologi Afrika
Abatwa adalah sirnbol perdamaian dan ketentraman bagi orang Afrika. Ukurannya lebih kecil dibandingkan manusia dewasa. Hidup di daerah Afrika Selaran. Sangar pemalu dan hanya mau menam-pakkan diri pada anak-anak balita, penyihir, dan perempuan hamil. Seorang perempuan hamil yang melihat Abatwa perempuan, bisa memastikan bahwa kelak akan melahirkan anak laki-laki. Begitu pula sebaliknya, jika ia melihat Abatwa laki-laki, maka kelak akan mendapatkan bayi perempuan.

Adaro
Mitologi Melanesia
Makhluk ini bertubuh separuh manusia separuh ikan. Bagian atas berbentuk manusia, sedangkan bagian bawahriya menyerupai ikan. Mereka hidup di matahari dan melakukan perjalanan ke bumi saat terjadi pelangi. Sesampai di bumi dia berkeliling melalui pipa-pipa air. Makhluk ini berasal dari legenda Melanesia. Dalam banyak kisah, ia sering dihubungkan dengan Mermaid. Tapi tidak seperti putri duyung yang baik, ia sangat berbahaya bagi manusia ian bisa menyebabkan kematian.

Aesir
Mitologi Norwegia
Bentuk tunggalnya disebut As; yang berkelamin wanita tunggal disebut Asyinja, dan wanita-jamak Asynjur. Dalam tradisi Anglo Saxon dikenal dengan nama Os, clari asal kata Proto Jerman Ansuz. Aesir adalah Dewa-dewi utama di antara ras Dewa-dewi dalam phanteon mitologi Norwegia. Dewa-dewi utama tersebut antara lain: Odin, Frigg, Baldr, Thor, dan Tyr.

Dewa-dewi ini adalah makhluk yang hidup abadi, punya kemahakuasaan. Wujudnya seperti manusia namun bukan manusia. Beberapa di antaranya berasal dari keturunan raksasa (jotun). Mereka adalah suatu ras dari makhluk yang lebih berkuasa dari urnat manusia. Mereka kebal terhadap penyakit dan tidak terkena dampak usia tua, karena memakan apel dari Idun (Dewi keremajaan, kemudaan, kesuburan, dan kematian). Mereka bisa terhunuh dalam perrempuran, namun bisa juga hidup abadi sarnpai Ragnarok tiba. Kisah-kisah mengenai mereka tertulis di Jalam kitab-kitab yang disebut Edda.

Penyembahan kepada para Dewa-dewi tidak begitu penting dan jarang muncul dalam mitologi.. Namun Dewa Odin dan Thorsangat penting dan terkenal, baik dalam mitologi maupun pemujaan.

Dalam mitologi Norwegia dikenal adanya goiongan Aesir clan Vanir. Golongan Aesir adalah Dewa-dewi utama, seperti yang dipaparkan di atas. Golongan Dewa-dewi yang kedua disebut Vanir, yang juga muncul dalam kisah-kisah Norwegia kuno. Mereka adalah: Dewa Njord dan anak-anaknya, Freyr dan Freyja, yang merupakan Dewa-dewi utama kaum Vanir yang bergabung bersama Aesir sebagai sandera ketika kaum Aesir dan Vanir herperang

Kaum Vanir cenderung sebagai Dewa-dewi yang mengatur masaiah kesuburan dan sesuatu yang berkaitan dengan alam, sedangkan Aesir cenderung sebagai Dewa-dewi yang memiliki kekuatan dan menguasai peperangan.

Vanir dan Aesir betinteraksi seperti dua kaum berbeda antara yang tua dan yang muda, seperti dalam mitologi Yunani, antara para Titan dan para Dewa di Olympus. Selayaknya manusia, Vanir dan Aesir juga pernah bertarung dengan sesama, membuat perjamuan, dan pernah saling menukar sandera (conrohnya seperti Freyr dan Freyja). Tema seperti itu sering muncul dalam mitologi rumpun Indo-Eropa, yakni konflik antara para Dewa langit yang sangat berkuasa dalam peraturan, melawan para Dewa bumi yang biasa mengatur kesuburan di muka bumi.
Beberapa Dewa dan Dewi dari Norwegia (Aesir dan Vanir)
* Baldr (Dewa orang yang tak berdosa dan Dewa keindahan)
* Bragi (Sang pcnyanyi dan penyair)
* Forseti (Dewa keadilan)
* Freyja (Dewi kasih sayang clan seksualitaa)
* Freyr (Dewa kasih sayang dan kesuburan)
* Frigg (Pemimpin para Dewi)
* Heimdall (Sang pengawas dan penjaga)
• Hodhr (Dewa buta, penguasa kegelapan dan musim dingin)
• Hoenir (Dewa yang tak bisa mengambil keputusan)
• Idun (Dewi keremajaan, kemudaan, kesuburan, dan kematian)
• Loki (si penipu, si pengacau, saudara angkat Dewa Odin)
• Njord (Dewa pelayaran)
• Odin (Pemimpin para Dewa, penguasa kebijaksanaan dan peperangan)
• Thor (Dewa petir dan pertempuran)
• Tyr (Dewa perang dan keberanian)
• Ull (si pemburu, pemanah)
• Ve (saudara Odin, yang menganugerahi manusia kemampuan bicara)
• Vidar (Dewa kesunyian, Dewa pembalasan dendam)

Ahutzotl
Mitologi Amerika Tengah.
Makhluk ini merupakan monster dalam legenda Amerika Tengah. Wajahnya seperti manusia kera dengan tangan yang panjang hingga ke ekornya. la adalah makhluk yang sangat menakutkan karena memiliki mara yang seram, kuku dan gigi yang tajam. la juga pemangsa daging manusia. Sebagai makhluk air, dengan tangan dan ekornya ia bisa menyergap nelayan atau orang-orang yang sedang bcrada di tepian. Kadang-kadang ia m.enangis untuk menarik perhatian, dan ketika orang datang menghampirinya, ia menyergap dengan cepat dan memangsanya.

Aitvaras
Mitologi Lithuania
Monster dari Lithuania ini adalah makhluk yang bisa berubah-ubah wujud; menjadi ayam jago ketika di dalam rumah dan menjadi naga ketika di luar rumah. Jika ia menginap sementara waktu di rumah seseorang, ia tak akan mau disuruh pergi. Ia adalati pembawa keberuntungan sekaligus kesialan bagi penghuni rumah yang ditempatinya.

Ajatar
Mitologi Swedia
Monster naga ini berasal dari legenda Finnish di Swedia. Monster ini adalah penjelmaan dari iblis. la adalah pemakan ular sehingga menyebabkan berkembangnya wabah sampar di Eropa. Banyak yang beranggapan dia berhubungan erat dengan Aitvaras dan Lithuania.
Akuma
Mitologi Jepang
Monster dari Jepang ini biasanya juga disebut sebagai Toori Akuma atau Ma. la adalah monster jahat yang menakutkan, dengan kepala api yang besar dan mata yang menyerupai batubara. [a bisa terbang di udara sambil membawa pedang. Orang yang melihat Akuma dipercayai akan mendapatkan kesialan.

Al
Mitologi Persia, Afganistan
Ada dua versi tentang sosok makhluk ini. Dalam legenda Persia, Al adalah makhluk yang separuh manusia separuh monster. la memiliki mata api dan taring yang tajam, cakar yang kuat dan rambut yang kasar. la lebih suka hidup di rawa-rawa. la sangat ditakuti karena sering memangsa bayi-bayi yang baru dilahirkan, mangsa yang paling disukainya. Dalam legenda Afganistan, Al digambarkan sebagai sosok gadis dengan rambut yang mengembang dan memiliki kuku yang panjang, yang hidup dari memakan tubuh orang-orang mati.

Alan
Mitoiogi Filipina
Monster yang berasal dari Filipina ini berwujud manusia burung. Mereka hidup di hutan-hutan dan menghabiskan banyak waktunya dengan bergelantungan di pohon dengan kepala di bawah Hal itu disebabkan karena mereka memiliki jari jemari yang panjang pada kakinya dan memiliki tumit pada tangannya. Mereka sangat ramah pada manusia, dan dalam beberapa legenda Filipina, mereka berperan sebagai ayah angkat para pahlawan.

Amadan
Mitologi Irlandia
Amadan adalah salah satu makhluk yang ada dalam legenda peri Irlandia. Amadan sangat ditakuti. karena bahkan sentuhannya yang paling lemah sekalipun dapat menyebabkan kesakitan yang luar biasa. Oleh karenanya mereka terkadang dikenal sebagai makhluk penyerang. Makhluk yang aktif khususnya di bulan Juni ini berbahaya, utamanya bagi para penjahat atau siapapun yang berjalan di bawah cahaya bulan.

Ammut
Mitologi Mesir
Monster dari Mesir ini memiliki kepala buaya, tubuh singa dan punggung belakangnya adalah kuda nil. Bangsa Mesir menjulukinya sebagai pemakan mayat karena peran yang dimainkannya dalam Gedung Pengadilan Ganda milik Osiris. Jantung-jantung orang yang telah mati ditimbang. Apabila lebih berat dibandingkan Bulu Kebenaran, jantung-jantung tersebut diberikan kepada Ammut untuk dimakan.

Amon
Mitologi Mesir
Amon adalah salah satu dewa Mesir Kuno. Amon berarti 'tersembunyi' yang menegaskan bahwa sosoknya berwujud roh dan bukan makhluk jasmani. Meskipun demikian, orang Mesir sering menggambarkannya dalam berbagai bentuk, misalnya sebagai biri-biri jantan yang bertanduk kokoh atau sebagai pria yang berjanggut dan mengenakan bulu. Amon disamakan dengan berbagai dewa lain. Sebagai Amon-Ra ia dihubungkan dengan dewa matahari, Ra.

Amphisbaena
Mitologi Yunani
Makhluk ini adalah ular berkepala dua, yang masing-masing kepalanya terletak di bagian pangkal dan ujung tubuhnya dengan mata yang ber-kilauan. Dalam bahasa Yunani, namanya berarti "menuju ke dua arah". Menurut Plinius makhluk ini memiliki khasiat obat. Wanita hamil yang membawa amphisbaena hidup, akan terlindungi. Amphisbaena mati adalah obat rematik.

Anka
Mitologi Arab
Anka adalah monster burung raksasa dalam legenda Arab. Ia konon bisa mengangkat seekor gajah. Seperti halnya burung Phoenix, ia berumur ratusan hirigga ribuan tahun dan mengakhiri hidupnya dengan membakar dirinya sendiri dan kemudian hidup kembali. Orang Arab percaya bahwa makhluk ini juga ciptaan Tuhan, namun dengan berlalunya waktu, menurut legenda, mereka memangsa seluruh binatang di dunia dan mulai menculik anak-anak. Para penyembah Jehovah menghalang-halangi perkembangbiakan Anka hingga akhirnya ia menjadi langka. Karena ukurannya yang sangat besar, Anka juga dihubung-hubungkan dengan roc.

Antaboqa
Mitologi Bali
Antaboga atau Ariataboga atau Anantaboga adalah seekor ular raksasa di mitologi Bali. Ia diceritakan pada awal mitologi, pada penciptaan dunia. Pada suatu saat Antaboga bermeditasi dan kemudian menjadi seekor penyu bernama Bedwang.
A = tidak
Boga = makanan
Anantaboga = makanan yang tidak akan habis

Argus Panoptes
Mitologi Yunani
Nama makhluk ini berarti "melihat segalanya". Disebut demikian karena makhluk ini memiliki seratus mata yang tersebar di seluruh tubuhnya. Jika ia tidur, dan matanya yang banyak itu juga tertutup, ia menyisakan dua mata untuk tetap terjaga dan awas. Dia membunuh Echinda yang seram saat terlelap. Hermes harus menyihirnya agar tertidur untuk bisa memenggal kepalanya. Hera mencongkel matanya dan meletakkan-nya di ekor meraknya.

Artemis
Mitoiogi Yunani
Artemis adalah Dewi Yunani yang dikenal sebagai pelindung wanita melahirkan, dan juga dewi margasatwa. Oleh karena itu iapun menjadi dewi perburuan. Artemis tidak memiliki kekasih atau suami, karenanya ia menjadi musuh Aphrodite, dewi cinta. Ada sebuah kisah yang menceritakan bagaimana Artemis mengubah Actaeon menjadi rusa jantan karena ia kebetulan melihat Artemis sedang mandi. Akibatnya Actaeon dirobek-robek oleh anjingnya sendiri.

Aspares
Mitologi Hindu
Aspares adalah peri air dalam legenda Hindu. Mereka biasanya mengubah dirinya dalam bentuk air terjun. Aspares biasanya diasosiasikan dengan gugurnya ksatria dalam peperangan.

Asgard
Mitologi Skandinavia
Asgard dalam mitologi Skandinavia adalah negeri para dewa, Manusia hidup di Midgard, yaitu dunia yang dikelilingi samudera. Asgard dapat dicapai dari Midgard melalui jembatan bianglala bernama Bifrost. Asgard digambarkan sebagai tempat yang murung dan angker. Para Raksasa dan kekuatan jahat selalu berusaha menghancurkannya.

Asura
Mitologi Hindu, Budha
Dalam ajaran agama Hindu, Asura adalah bangsa Daitya (atau Detya), kadangkala disamakan dengan raksasa atau makhluk yang jahat. Mereka memiliki sifat negatif, yakni memusuhi para Dewa. Meskipun demikian, beberapa Asura merupakan Dewa, seperti Kubera, golongan bangsa Yaksa, adalah Dewa keuangan dan kekayaan. Para Asura rnengatur fenomena sosial di muka burni seperti Baruna, Dewa air, yang juga mengatur hukum rta. Sedangkan Dewa, mengatur ena alam, seperti Indra, Dewa hujan, Dewa petir dan cuaca. Dalam beberapa kitab, para Dewa adalah golongan bangsa yang memiliki sifat mulia, sedangkan Asura sebaliknya. Ada yang disebut "daiwi sampad", yakni sifat-sifat mulia (sifat para Dewa), dan sifat-sifat buruk, atau "asuri sampad" (sifat para Asura). Yang dimaksud sifat para Asura yakni: angkuh, membanggakan diri, pemarah, bodoh, bertindak kasar, keras kepala, gila harta, dan menganggap diri sendiri yang terpenting.

Asura merupakan makhluk supranatural dalam kosmologi agama Buddha.

Aswin
Mitologi Hindu
Dalam ajaran agama Hindu, Aswin adalah Dewa kembar yang bergelar sebagai 'dokter para Dewa'. Mereka merupakan putera Dewa Surya dan Dewi Saranya.

Mereka dewa yang sering disebut sebagai dewanya pengobatan dalam Ayurweda. Mereka adalah dua bersaudara yang ramah, suka menolong. Mereka dilukiskan sebagai penunggang kuda yang membawa kemakmuran pada manusia serta menyembuhkan segala penyakit dan kemalangan.

Mereka disamakan dengan si kembar Castor dan Pollux dalam Mitologi Yunani.
Mereka juga Dewa yang disebut-sebut dalam Rg-Weda, dengan 57 syair di dalamnya yang memuji-muji mereka. Mereka juga disebut Nasatya (na+asatya, artinya "bukan kebohongan" atau sama dengan "kebenaran").

Atlas
Mitologi Yunani
Dalam Mitologi Yunani, Atlas adalah seorang Titan, makhluk raksasa, yang dikalahkan oleh Zeus bersama para dewa di Olympus. Atlas dihukum oleh Zeus untuk berdiri di ujung dunia dan menyangga langit di pundaknya. Para penggemar peta di Eropa jaman dulu lazim mencantumkan gambar Atlas pada karya mereka. Dari kebiasaan itulah lama kelamaan Atlas berarti kumpulan peta.

Azeman
Mitologi Amerika Selatan
Azeman adalah vampir dari Amerika Selatan. Di siang hari ia berwujud perempuan, namun di malam hari berubah bentuk menjadi kelelawar atau binatang lain. Ada cara menghindarkan diri dari vampir ini. Karena terobsesi dengan hitungan, jika biji-bijian ditebar di lantai, azeman akan berhenti untuk menghitung. Juga bila sebuah sapu lidi diletakkan di seberang pintu, dia tak akan memasuki ruangan tersebut hanya untuk menghitung lidi-lidi dalam ikatan.

Azizah
Mitologi Afrika
Biasanya peri selalu dihubungkan dengan legenda Eropa, tetapi Azizah adalah ras peri penolong yang berasal dari Afrika, khususnya Dahomey. Karena tinggal di hutan, mereka memberikan sihir-sihir baik bagi para pemburu. Mereka juga mengajarkan pengetahuan praktis serta spiritual kepada penduduk.
B
Ba
Mitologi Mesir
Bangsa mesir kuno percaya bahwa orang mati terbagi menjadi dua bagian: ka dan ba. Ka yang berarti ganda mencerminkan tubuh manusia yang tak kekal. Ba, sebaliknya, adalah seekor burung berkepala manusia dan mewakili jiwa yang kekal. Bangsa mesir mempraktekkan mumifikasi karena kepercayaan bahwa setelah 3000 tahun, kedua bagian yang terpisah akan tersatukan dan seianjutnya terlahir kembali.

Baginis
Mitologi Australia
Baginis yang berbadan separuh binatang separuh manusia mi berasal dari Australia. Jenis kelaminnya selaiu perempuan. Selain kecantikannya yang luar biasa, mereka juga rnemiliki jemari mirip cakar serta tumit. Baginis dikenal sebagai penangkap laki-laki, tupi kadang juga membunuhnya. Biasanya mereka membiarkan para lelaki itu pergi setelah memperkosanya.

Bahamut
Mitologi Arab
Monster ikan ini berasal dari tradisi Arab. Legenda menyebutkan bahwa la mengarnbang di lautan yang maha luas. Seekor kerbau raksasa berada di atas punggungnya dan sebongkah gunung rubi ada di atas punggung kerbau tersebut. Satu malaikat berada di atas gunung, lalu enam neraka, kemudian bumi, dan akhirnya tujuh surga. Tubuh bahamut sangat besar dan menyilaukan, sehingga manusia takkan mampu menatapnya. Namanya bisa jadi mengarah ke Behemoth.

Bakru
Mitologi Amerika selatan
Bakru merupakari ras orang Amerika selatan yang ukurannya mendekati separuh tubuh anak kecil, namun dengan kepala yang kebesaran. Tubuh mereka separuh daging dan separuhnya lagi kayu. Mereka selalu terlihat berkelompok dan dianggap makhluk jahat ciptaan tukang-tukang sihir. Walau mereka memberikan kesejahreraan bagi pemiliknya, para dewa menghukum siapapun yang berusaha memanfaatkan mereka.

Baku
Mitologi Jepang
Baku berasal dari legenda Jepang. Makhluk tersebut berwajah singa, bertubuh kuda, berkaki macan, dan berekor lembu. la dikenal sebagai 'pelahap mimpi', karena memakan mimpi-mimpi buruk orang serta membuatnya tak berbahaya atau mengubahnya menjadi pertanda baik.

Balder
Mitologi 'Norwegia
Dalam bahasa Norwegia kuno dikenal sebagai Baldr; bahasa Islandia dan Faroe disebut Baldur. Sebutan Balder dipakai dalam bahasa Norwegia modern, Swedia dan Denmark.

Balder adalah Dewa kedamaian, keindahan, kegembiraan, dan kesucian dalam mitologi Norwegia. Dia adalah putera kedua Odin. Istrinya Nanna dan putranya bernama Forseti. Balder memiliki kapal terbesar yang pernah dibuat, bernama Hringhorni, dan sebuah balairung yang bernama Breidablik. la mati karena ulah Loki yang memperdaya Hodhr.

Banshee
Mitologi Irlandia
Banshee dalam bahasa Gael Irlandia disebut 'bean sidhe' yang berarti perempuan supranatural. Dia berhidung pesek, berambut tipis dan memiliki kelopak mata yang sangat besar dan berkabut. Sepasang matanya berwarna merah mengerikan karena terus-menerus mencucurkan airmata. Tubuhnya terbalut selembar kain putih yang compang camping. Dia meratap di depan pintu orang yang akan mati, namun hanya bagi keluarga-keluarga terpandang. Semua klan terbaik memiliki banshee pribadi mereka sendiri. Banshee terkait erat dengan Beannighe dan Cointech.


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar